Minggu, 07 Februari 2016

Penjelasan Siklus PDCA

Kunci sukses penerapan ISO 9001 agar berjalan dengan optimal pada siklus PDCA (Plan – Do – Check – Act) -nya. PDCA harus dilakukan oleh setiap orang dan harus menjadi mindset atau menjadi bagian dari sebuah pekerjaan. Siklus PDCA yang juga dikenal dengan Deming Cycle (dikembangkan oleh W. Edward Deming) ini bermuara pada continual improvement (peningkatan berkelanjutan) yang secara terus menerus bergerak ke arah yang lebih baik.

Plan : organisasi mengembangkan pemahaman yang sistematis kegiatan mutu organisasinya dan harapan dari berbagai pemangku kepentingan, dalam hal ini mereka menetapkan tujuan dan proses yang diperlukan untuk memberikan hasil sesuai dengan kebijakan organisasi.

Do : adalah titik di manana organisasi menjalankan sistem manajemen mutu yang dibuat.

Check : memantau, mengukur dan melaporkan hasil, dan untuk memverifikasi apakah tujuan yang direncanakan telah dipenuhi. Dari evaluasi ini, langkah-langkah lebih lanjut dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil lebih baik.

Act : Perbaikan yang berkelanjutan.

Pada umumnya, organisasi melaksanakan aktivitas Plan dan Do tapi banyak yang belum melakukan aktivitas lainnya yaitu Check dan Action. Biasanya karena kesibukan atau merasa bahwa kegiatan tersebut sudah direncanakan kemudian dijalankan maka seolah-olah pekerjaan tersebut telah selesai serta sehingga terkadang melupakan beberapa kesalahan yang sering muncul atau malah tidak sempat sama sekali memperbaiki kinerja kita di karenakan menganggap bahwa kita telah melakukan tindakan terbaik. Tahapan berikutnya adalah Checkyang merupakan suatu kegiatan terkiat dengan pemeriksaan yaitu bagaimana mengevaluasi hasil suatu pekerjaan sehingga dapat diukur kinerjanya. Dengan begitu sejauhmana pencapaian kinerja kita atas pekerjaan dapat terlihat. Sedangkan Action adalah bagaimana memperbaiki pekerjaan berdasarkan hasil evaluasi. Tindakan Action ini dapat menjadi dasar dalam melaksanakan konsep Plan sehingga menjadi sebuah siklus tanpa henti dalam melakukan perbaikan terus menerus dan berkesinambungan.

Jadi konkritnya dengan siklus PDCA ini kita dapat menjadikan salah satu pijakan dalam melakukan peningkatan berkelanjutan/terus-menerus pada aktivitas pekerjaan sehingga pekerjaan kita semakin berkembang ke arah yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PELATIHAN PEMAHAMAN ISO 9001 SERIES - UIN JAKARTA

http://lpm.uinjkt.ac.id/lpm-laksanakan-pelatihan-awarness-iso-90012015/