Rabu, 23 November 2016

MEMAHAMI KONTEKS ORGANISASI DENGAN MUDAH

Sebagaimana diketahui bahwa ISO 9001:2015 telah memperkenalkan klausul baru yaitu konteks organisasi.

Klausul 4.1 Memahami organisasi dan konteksnya. Pada klausul ini menyebutkan bahwa organisasi harus menetapkan isu-isu eksternal dan internal yang relevan dengan tujuan dan arah strategis dan yang mempengaruhi kemampuannya untuk mencapai hasil yang diinginkan dan sistem manajemen mutu. Organisasi harus memantau dan meninjau informasi tentang isu-isu eksternal dan internal.

Klausul 4.2  Memahami kebutuhan dan harapan pihak-pihak berkepentingan
Karena pengaruhnya atau pengaruh potensial pada kemampuan organisasi untuk secara konsisten menyediakan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku, organisasi harus menetapkan:
a)     pihak yang berkepentingan yang relevan dengan sistem manajemen mutu
b)     persyaratan dan pihak yang berkepentingan yang relevan dengan sistem manajemen mutu. Organisasi harus memantau dan meninjau informasi tentang pihak-pihak yang berkepentingan dan persyaratan yang relevan mereka


Banyak yang bertanya-tanya bagaimana mengimplementasikannya dalam perusahaan. Sebelumnya saya pernah memberikan contoh tentang bagaimana menyusun sebuah konteks organisasi selain menggunakan metode SWOT (Strong-Weakness-Opportunity-Treat), namun ada yang masih belum jelas. Pada kesempatan ini saya untuk kali keduanya menjelaskan secara mudah melalui gambar.













1 komentar:

  1. sangat bagus membantu saya dalam pemahaman ISO 45001 terkait kontek organisasi, terimakasih

    BalasHapus

PELATIHAN PEMAHAMAN ISO 9001 SERIES - UIN JAKARTA

http://lpm.uinjkt.ac.id/lpm-laksanakan-pelatihan-awarness-iso-90012015/